Cara Merawat Flashdisk Supaya Awet

Flashdisk sebagai alat penyimpanan yang praktis tentu harus dirawat agar tidak cepat rusak dan awet. Banyak di antara kita yang kurang paham mengenai cara merawat flashdisk. Mungkin kita akan berpikir untuk membeli flashdisk lagi jika rusak. Tetapi, bagaimana jika file penting kita juga rusak bersama flashdisk itu? Biasanya file yang ada di dalam flashdisk itu lebih mahal daripada harga flashdisk itu. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi tentang cara merawat flashdisk.



Baca Juga :
Cara Memformat Flashdisk
Cara mengembalikan File yang Terhapus di Komputer



Cara Merawat Flashdisk
Ini flashdisk saya yang masih terawat tetapi tutupnya sudah hilang.


  • Hindarkan Flashdisk dari Air
Flashdisk juga barang elektronik sehingga flashdisk juga rentan terhadap air. Biasanya kasus ini sering terjadi karena lupa mengambil flashdisk yang ada di saku hingga pakaian tersebut dicuci. Flashdisk saya sudah 2 kali tercuci di mesin cuci. Saya keringkan flashdisk itu sebelum ditancapkan dan sampai saat ini flashdisk itu masih bisa digunakan.

  • Hindari Benturan Keras
Benturan keras pada flashdisk dapat menyebabkan kerusakan kerusakan pada komponen yang ada di dalamnya. Mungkin pada benturan pertama flashdisk tidak rusak, namun pada benturan kesekian kalinya memungkinkan flashdisk tidak bisa diggunakan lagi.

  • Tutup Flashdisk Setelah Digunakan
Tutuplah flashdisk kalian supaya mulut flashdisk tidak kotor karena debu. Flashdisk yang selalu terbuka akan kotor karena debu sehingga dapat menyebabkan proses 'baca tulis' gagal.


  • Tancapkan dan Cabut Flashdisk dengan Benar
Menancapkan dan mencabut flashdisk yang tidak benar dapat menyebabkan kerusakan fisik pada flashdisk. Saya memiliki sedikit pengalaman. Saya pernah kesulitan saat menancapkan flashdiks ke komputer. Flashdisk tersebut tidak bisa tertancap sehingga akhirnya saya paksakan saja. Begitupu saat saya melepasnya. Saya tarik paksa flashdisk tersebut dengan sedikit menggerakkan flashdisk ke arah kanan dan kiri. Setelah saya lihat ternyata mulut flashdisk jadi sedikit rusak. Begitupun dengan port USB nya menjadi terasa berbeda. 


  • Eject Sebelum Dicabut
Eject Flashdisk sebelum dicabut
Demi keamanan, ejectlah flashdisk sebelum dicabut.

Sepertinya sudah banyak yang tahu kalau sebelum mencabut flashdisk sebaiknya dieject dulu. Bila kita mencabut flashdisk yang sedang dalam kondisi melakukan sesuatu misalnya sedang copy, paste, atau lainnya maka kemungkinan file akan rusak atau corrupted file. Mencabut flashdisk secara langsung juga dapat memicu kerusakan flashdisk. 

  • Segera Cabut Setelah Digunakan
Setelah flashdisk selesai digunakan, segeralah cabut flashdisk dari Port USB. Flashdisk yang terlalu lama tertancap akan panas sehingga dapat memperpendek umur flashdisk kalian.

  • Scan Menggunakan Antivirus
Scan flashdisk menggunakan antivirus
SMADAV Antivirus sedang mendeteksi flashdisk yang tertancap.

Jika kalian sering menggunakan flashdisk di warnet, sebaiknya kalian sering sering scan flashdisk karena biasanya terdapat virus yang masuk ke flashdisk. Kalian bisa menggunakan antivirus untuk scan flashdisk. Saya sendiri menggunakan SMADAV untuk melindungi flashdisk saya.

  • Jangan Terlalu Sering Format
Format flashdisk yaitu penghapusan seluruh data yang ada di flashdisk. Biasanya format flashdisk dilakukan karena flashdisk terinfeksi virus. Menurut informasi yang beredar, terlalu sering memformat flashdisk dapat merusak flashdisk tersebut. Saran saya, lakukan format flashdisk jika dibutuhkan saja.

  • Hindari dari Medan Magnet Tinggi
Jauhkanlah flashdisk kalian dari benda-benda yang memiliki medan magnet tinggi. Medan magnet yang tinggi dapat memengaruhui komponen-komponen yang ada di dalam flashdisk tersebut. TV, kulkas, dan kipas angin merupakan beberapa barang yang memiliki medan magnet yang cukup kuat.


  • Simpan di Tempat Kering 

Pastikan kalian menyimpan flashdisk di tempat yang kering. Flashdisk yang disimpan di tempat lembab akan mudah berkarat sehingga akhirnya flashdisk rusak.

  • Jangan Sampai Flashdisk Hilang
Sepertinya yang kita lakukan di atas akan sia-sia jika flashdisk hilang. Saya sarankan memberi gantungan untuk flashdisk sehingga flashdisk akan mudah ditemukan bila kita lupa tempat meletakkannya.


Ternyata bukan hanya wajah yang memerlukan perawatan. Flashdisk juga perlu dirawat. Itulah beberapa cara merawat flashdisk agar bisa digunakan dalam jangka panjang. Saya berharap informasi yang saya bagikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Jika kalian memiliki tips atau trik lain untuk merawat flashdisk silakan tulis di komentar ya. Terimakasih sudah berkunjung.
Previous
Next Post »

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"&gt: ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"&gt: ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i> ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment